7 Perilaku Yang Akan Dicontoh Anak Anda

Jika ada satu hal yang saya pelajari dari lebih dari sepuluh tahun menjadi ayah, aadalah bahwa saya sedang diawasi setiap hari. Bukan saja sedang diawasi, tapi anak-anak saya juga mendengarkan kata-kata saya katakan. Mereka melihat saya untuk mencari tanda-tanda. Setiap keputusan yang saya buat, setiap kata saya berbicara, setiap langkah dan tindakan yang saya ambil, berada di bawah observasi. Anak-anak saya belajar hidup dari saya. Itu tanggung jawab besar.

Beberapa minggu yang lalu saya teringat ini. Kami tinggal di sebuah rumah liburan di Florida dan saat itu saudah larut malam. Saya dan istri saya sedang duduk di salah satu kamar tidur, di mana salah satu dari anak-anak kami tertidur (atau itu yang kami pikir). Kami sedang berkeluh kesah tentang satu anak kami yang lain, tiba-tiba kami mendengar suara kecil menirukan apa yang saya ucapkan. Kedengarannya menakutkan ketika keluh kesah itu diucapkan oleh anak berusia enam tahun.

Anak-anak saya belajar saya. Ini sebuah fakta. Dan mereka akan menyalin perilaku saya, apakah itu positif atau negatif, penuh dengan integritas, atau hanya asal-asalan.

Berikut adalah 7 perilaku anak-anak anda, juga saya akan belajar dari kita:

1. Bagaimana Anda memperlakukan ibu mereka.

Jika Anda baik hati, berbagi, memberi, mendukung, peduli, dan memperlakukan istri Anda dengan hormat dan bermartabat, anak-anak Anda akan memperlakukan istri Anda dengan hormat dan bermartabat. Tapi jika Anda merendahkan, agresif, frustrasi, atau kasar padanya, Anda bisa yakin anak-anak Anda akan memperlakukannya dengan cara yang sama.

2. Bagaimana Anda mengelola uang Anda.

Jika Anda berada dalam utang besar, atau menghabiskan uang dengan sembrono, anak-anak Anda akan menghabiskan uang sembrono, dan mereka akan membawa sifat boros hingga masa dewasa mereka. Mereka akan menyalin kurangnya tanggung jawab yang sama mereka melihat di dalam orang tuanya. Mereka juga akan hidup dalam utang. Tetapi jika Anda melatih kebijaksanaan, memperketat anggaran, menabung dan membuat rencana keuangan, mereka akan melakukan hal yang sama.

3. Bagaimana Anda memperlakukan orang lain.

Jika Anda selalu menggunakan orang untuk keuntungan Anda sendiri, atau terus-menerus meremehkan atau memperlakukan orang-orang yang berhubungan dengan anda, maka demikian juga anak-anak Anda. Jika Anda memperlakukan pembantu rumah tangga atau tukang parkir seperti pekerjaan hina, mereka akan mendevaluasi orang dengan cara yang sama. Tetapi jika pendekatan Anda untuk orang lain, terutama mereka yang melakukan jasa seperti pelayan, dengan baik dan hormat, anak-anak Anda akan mengikuti.

4. Rasa hormat yang Anda berikan kepada otoritas.

Jika Anda kasar atau menggerutu saat ada seorang petugas polisi yang menepikan anda untuk pemeriksaan surat-surat, atau kata-kata kasar dan selalu mengomel tentang betapa buruknya bos Anda, anak Anda akan tumbuh dengan kurang rasa hormat untuk figur otoritas dalam hidup mereka. Dan itu termasuk Anda! Tapi mendengar Anda berbicara tentang bos Anda dengan kebaikan dan rasa hormat, bahkan ketika mereka mungkin tidak layak mendapatkannya, membentuk pandangan kecil mereka tentang otoritas dalam cara yang sangat positif.

5. kedalaman karakter dan integritas Anda ditampilkan.

Mereka tahu jika Anda menipu. Mereka tahu jika Anda mengatakan tidak untuk satu hal dan kemudian melakukan lagi. Mereka mendengarkan cara Anda berbicara tentang orang-orang yang Anda temui di depan umum, atau tetangga frustasi yang menjengkelkan anda. Ketika Anda menghadapi krisis atau tuduhan yang tidak adil mereka memperhatikan bagaimana Anda merespon. Level karakter atau integritas yang anda pilih untuk dijalankan dalam hidup akan terbawa jauh ke masa depan hidup anak-anak.

6. Ukuran disiplin Anda dalam menjalani hidup.

Jika Anda makan terlalu banyak, menghamburkan uang, tidur terlalu banyak, membuang makanan, membiarkan rumah berantakan, selalu mengambil jalan pintas, atau membuat alasan untuk pilihan yang buruk, coba tebak? Demikian pula anak-anak Anda! Namun, jika Anda memilih untuk hidup disiplin, anak-anak Anda akan membuat pilihan yang lebih baik (dan sehat) dengan hidup mereka!

7. Bagaimana kebaikan hati anda.

Jika memberi untuk amal, atau terlibat dalam acara sosial tidak termasuk prioritas dalam daftar Anda, itu tidak akan berada dalam prioritas di anak-anak Anda juga.
Jika Anda memilih untuk tidak melayani, anak Anda juga akan demikian. Jika Anda mendaftar untuk tujuan baik dan kemudian mengendur ketika Anda berpartisipasi dan memilih untuk tidak memberikan usaha yang kuat, mereka akan melihat itu, dan melakukan hal yang sama.
Tetapi jika mereka menyaksikan orang yang dengan semangat memberi, selalu berbagi dengan mereka dengan kekurangan, dan memberikan dari hati yang penuh, mereka akan meniru perilaku itu dan menjadi orang yang memberi, mencintai, dan melayani dengan hati penuh!


Ini adalah daftar pendek yang bisa saya tulis. Jika Anda merasa buruk dalam beberapa hal, Anda tidak sendirian. Saya merasa buruk di beberapa juga.
Sudah waktunya untuk memperbaiki.
Keinginan hati saya adalah untuk membesarkan anak-anak yang menjadi sehat, produktif, orang dengan karakter yang kuat dan integritas.
Saya percaya hal-hal itu bukan hasil kebetulan
Saya harus proaktif dan bergerak ke arah itu dengan perilaku saya sendiri, sebagai orang dewasa, sebelum saya bisa mengharapkan anak-anak saya untuk bergerak ke arah mereka sendiri.
Bagaimana dengan anda?

–Mike Berry

sumber:
https://www.yahoo.com/…/7-behaviors-you-children-will-learn…11755802_749791425133268_79665611610996480_n

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s