MENGETAHUI BAKAT ANAK SEJAK DINI

1

Setiap orang tua pasti bangga dengan bakat yang dimiliki anaknya. Namun seringkali kita sebagai orang tua juga tak bisa langsung mengetahui bakat terpendam anak kita. Hal ini dikarenakan kita yang enggan mencari tahu bakat apa yang dimiliki oleh anak atau diri kita sendiri yang memang kurang peka terhadap perkembangan anak.

Jika orang tua mengetahui bakat anak sejak awal, maka hal itu dapat menjadi kunci dalam mendidik anak secara tepat dan lebih mudah. Bakat anak akan lebih menonjol jika orang tua membantu anak lebih percaya diri dalam menunjukkan bakatnya. Sebagai orangtua, kita perlu mengenali dan memancing keluar talenta anak kita sejak dini. Jika sudah mengetahui bakat anak, Anda bertugas mendukung, mengasah, serta memeliharanya agar anak bisa mengembangkan bakat yang dimilikinya.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengetahui bakat anak sejak dini.

  1. Dengan melihat apa yang mereka suka kerjakan. Seorang anak tentu sering kali melakukan suatu hal yang mereka sukai secara berulang-ulang. Misalnya berpura-pura memencet (memainkan) piano padahal alat yang digunakan bukan piano, atau bisa juga hal lainnya yang mereka sukai dan lakukan berulang-ulang.
  2. Kita bisa mengetahui bakat anak dengan mengajaknya berbincang-bincang dan menanyakan soal apa yang disenangi atau diimpikannya. Biasanya anak akan mengatakan berbagai hal tentang hobinya atau tokoh favoritnya di televisi, atau mungkin keinginannya kelak jika besar. Dengan mengajaknya berkomunikasi, kita bisa tahu kemana kita harus pergi untuk menyalurkan bakat terpendam dari si anak.
  3. Kita bisa mengenali bakat anak melalui guru di tempat anak kita bersekolah. Terkadang kita sebagai orang tua tidak cermat dan ibu guru di sekolah akan membantu kita melihat bakat si anak. Guru bisa memberitahukan kepada kita misalnya si anak suka sekali menggambar saat pelajaran. Kita juga harus merespon secara positif dengan mengikutsertakan anak mengikuti lomba menggambar di beberapa tempat untuk melihat hasil bakatnya.
  4. Kita juga bisa mengenali bakat anak kita dengan cara melihat saat anak sedang mengamati atau melihat sesuatu hal. Biasanya anak akan tertarik tentang suatu hal yang unik dan dia sukai, kemudian menghabiskan waktu yang lama untuk memperhatikan hal tersebut. Ini adalah tanda bahwa anak suka terhadap hal itu dan kita harus meresponnya.

Bakat anak bisa lebih dari satu, jadi orang tua tidak perlu bingung bila anak menyukai beragam aktivitas. Anda bisa mengenali bakat anak dengan memperhatikan perilaku anak yang mengandung 4 ciri berikut ini.

  1. Cepat menguasai, Anak mudah melakukan suatu aktivitas meski tanpa penjelasan secara rinci.
  2. Asik menikmati, Anak ketika melakukan suatu aktivitas terlihat asyik sampai kadang lupa waktu.
  3. Puas hasilnya, Anak menunjukkan wajah senang ketika menceritakan hasil aktivitasnya.
  4. Ingin mengulang, Anak menunjukkan intensitas untuk mengulang aktivitas tersebut di kesempatan lain dengan tantangan yang lebih sulit atau lebih produktif.

Nah, mari para orang tua mulailah untuk mengenali bakat anak kita sejak dini dan salurkan bakat-bakat terbaik mereka!

#Ms. Mei – Maret 2015#

2

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s