Penilaian Perkembangan Anak (part 1)

Selamat Siang,

Siang siang dan panas seperti ini sepertinya akan sangat kurang nyaman jika membicarakan sesuatu yang dirasa berat, tapi jika menyangkut tentang anak-anak akankah masih dirasa berat ? tidak ada yang berat untuk anak-anak karena dipundak mereka Negara ini bersandar dan pada kesempatan kali ini sayapun akan membahas sedikit tentang mereka.

 

Perkembangan anak-anak usia dini memang penting sekali karena masa itulah masa keemasan terjadi dan beberapa diantara kita ada yang belum mengetahui indikator untuk perkembangan anak anak mereka. Indikator ini sebenarnya sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari tapi banyak yang tidak menyadari bahwa kegiatan yang telah mereka lalui dan lakukan adalah merupakan indikator yang diperlukan untuk mengetahui sejauh mana fase perkembangan anak-anak mereka.

 

kali saya akan mencoba menuliskan tentang Penilaian perkembangan anak berdasarkan tes mengambar orang (draw a man test). Kegiatan ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja bahkan dalam kegiatan bersantai sehari-haripun bisa dilakukan, mari dicoba. Draw a man test adalah sebuah tes menggambar untuk anak usia dini (dimulai dari 3 tahun atau ketika ia bisa memegang pensil). Coba perhatikan apa saja yang hendak ia gambar, seperti apa gambarnya dan kelengkapan lainya. Menurut sistem skoring goodenough yang normal apabila seorang anak sudah bisa menggambar kepala maka ia telah memasuki usia mental 3 tahun 3 bulan. Sesuai dengan sistemskoring, maka kredit umur 3 bulan akan ditambahkan pada bagian tubuh lainnya, juga untuk pakaian dan aksesoris yang digunakan. Jadi semakin cerdas seorang anak , ia akan membuat gambar yang lebih baik.

 

coba tebak berapa kira-kira usia mental pada gambar tersebut

coba tebak berapa kira-kira usia mental pada gambar tersebut

Setelah mengetahui indikator diatas maka akan lebih mudah untuk kita menentukan perkembangan anak-anak kita dari hal yang sangat sederhana bahkan cenderung hampir terlewatkan oleh kita dikarenakan saking sederhananya. Ayuk kita coba ke beberapa anak-anak kita untuk melihat gambaran mereka, meskipun ini bukan penilaian satu satunya tapi dengan indikator ini setidaknya kita lebih tahu tentang arti gambaran anak-anak kita. Sedikit demi sedikit kita perbanyak ilmu kita untuk anak-anak kita.

 

Semoga dengan adanya sedikit info ini dapat membantu kita semua untuk lebih baik dalam mendidik anak-anak kita. Lain waktu akan saya coba untuk membagi indikator lainnya yang juga tentunya bersifat sederhana .

Satu quote saya tambahkan dalam tulisan ini :

“If you want your children to be intelligent, read them fairy tales. If you want them to be more intelligent, read them more fairy tales.”
Albert Einstein

Terima Kasih telah berkunjung.

 

Pare, 24 Februari 2015

with love

Ms. Elok

*tulisan ini diambil dari berbagai sumber yang terlebih dahulu sudah dilakukan pengecekan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s